Sabtu, 23 Maret 2019

5 Pertimbangan Saat Memilih Baju gamis


5 Pertimbangan Saat Memilih Baju gamis

Baju gamis sudah tidak asing lagi khususnya di kalangan wanita muslimah. Kewajiban menutup aurat kini menjadi kesadaran setiap wanita muslimah, untuk itu banyak dari mereka yang mulai membenahi pakaiannya. Jika dulunya ia tidak mengenakan pakaian syar’i, maka mulai sekarang mereka lebih memilih untuk memakai gamis.
Selain modelnya yang menutup seluruh badan, gamis banyak diminati karena motifnya yang bagus juga bajunya yang tidak terlalu ketat atau longgar. Motif dengan corak yang elegan akan membuat gamis tampak mewah. Begitupun dengan ukuran yang longgar yang akan membuat kita nyaman bebas bergerak dan tentunya tidak berlawanan dengan syariat pemakaian busana syar’i.
Sebetulnya, membeli gamis haruslah disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita ingin tampil modis, pilihlah gamis dengan motif yang cantik dan bahan yang berkualitas. Jika kita ingin tampil sederhana, pilihlah baju gamis dengan motif polos dan bahan yang standar. Tentu hal tersebut tidak gratis, karena untuk membelinya butuh budget yang tidak sedikit. Maka dari itu, perlu pertimbangan ketika memilih gamis.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih gamis sebelum kita membelinya:

1.      Pilih Bahan yang Nyaman
Kita lebih baik memilih gamis dengan bahan yang nyaman dipakai meskipun cuaca sedang panas. Misalnya kita bisa memilih bahan katun atau kaos yang dapat menyerap keringat, sehingga aktivitas di luar rumah pun akan terasa nyaman selama berjam-jam. Bahan satin dan jersey tidak disarankan, apalagi bagi kita yang sangat aktif di luar rumah, karena bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

2.      Pilih Gamis Sesuai Bentuk Tubuh
Pemilihan baju gamis sesuai bentuk tubuh tidak kalah pentingnya. Jika kita memiliki tubuh yang pendek, maka pilihlah baju dengan motif stripe horizontal. Motif ini dapan membuat Anda terlihat tinggi. Jangan Membeli gamis dengan motif stripe vertical, karena akan membuat semakin terlihat pendek. Hal ini juga berlaku bagi kita yang memiliki badan gemuk.

3.      Pilih Model dan Warna Gamis
Memilih model dan warna gamis juga diperlukan agar kita bisa menyesuaikan dengan tubuh dan warna kulit kita. Beragam model pun kini banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari yang berwarna genjreng hingga polos.

Jika memiliki kulit terang, disarankan untuk membeli gamis dengan warna cerah juga. Jika memiliki warna kulit gelap, disarankan untuk memilih gamis dengan warna gelap atau natural yang tidak membuat kontras dengan kulit.

4.      Pilih Gamis yang Tidak Ketat
Meskipun kini beragam gamis banyak dijual di pasaran, namun penting untuk memilih gamis yang tidak terlalu ketat. Gamis yang terlalu ketat akan membuat kita tidak leluasa bergerak juga tidak sesuai dengan syariat Islam. Bagi muslimah, memperlihatkan lekuk tubuh tidak diperbolehkan.

5.      Pilih Harga yang Sesuai Isi Dompet
Melihat gamis dengan kualitas bahan yang bagus dan model yang cantik sungguh sangat menggoda mata. Namun ketika melihat isi dompet, hanya tersisa beberapa lembaran warna orange, sedangkan gamis itu sudah melambai-lambai di depan mata.

Jika budget tidak sesuai dengan harga gamis, lebih baik tidak memaksakan untuk membelinya. Jika dalam keadaan terpaksa, pilihlah gamis dengan harga yang pas dengan budget. Daripada ngutang, kan?
Itulah hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli baju gamis. Jangan lupa teliti dalam mengecek bahan dan jahitan, tahu-tahu ada yang cacat kan malah bikin sedih.


0 komentar:

Posting Komentar