Rabu, 22 Mei 2019

Cara Mengatasi Pusing dan Mual Secara Alami


Cara Mengatasi Pusing dan Mual Secara Alami

Kondisi kesehatan seseorang bisa up and down. Artinya, kita perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Apalagi cuaca yang tidak bisa ditebak, banyaknya wabah hingga aktivitas yang tidak ada jeda membuat tubuh rentan terserang penyakit. Tentu jika sudah seperti ini, pola makan yang teratur, olahraga rutin dan makan makanan sehat adalah hal utama yang harus diperhatikan. Indikasi tubuh sedang tidak fit bisa dengan munculnya rasa pusing dan mual secara bersamaan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak kemungkinan jika anda mengalami pusing beserta mual. Bisa jadi masuk angin atau tanda adanya kehamilan. Namun untuk memastikan memang harus memeriksakan diri ke dokter. Sementara jika anda ingin segera menghilangkannya dengan aman, ada beberapa cara alami untuk mengatasi rasa pusing dan mual yang mengganggu.

5 Cara Mengatasi Rasa Pusing dan Mual

1. Mengonsumsi Jahe
Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan aman dan alami adalah mengonsumsi jahe. Sebab, manfaat jahe ini bisa membantu mendorong sekresi berbagai cairan atau enzim pencernaan yang nantinya membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, kandungan fenol pada jahe juga bisa mengendurkan otot lambung. Hal ini akan bertindak mirip dengan obat penenang yang ada di jaringan lambung yang teriritasi. Itulah kenapa jahe bisa menjadi obat alami yang populer untuk mengobati rasa mual. Jahe juga aman untuk dikonsumsi oleh sebagian besar orang dan menjadikannya minuman hangat.

2. Akupuntur dan Akupresur
Pernahkah anda mendengar cara alami ini? Cara mengatasi pusing dan mual bisa dengan akupuntur dan akupresur. Dua teknik yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok ini terbilang ampuh. Tujuannya adalah merangsang titik-titik yang sama di tubuh kita. Tetapi untuk akupuntur sendiri caranya adalah memasukkan jarum kecil ke titik tertentu pada tubuh kita. Sementara akupresur menggunakan tekanan bukan dengan tusukan jarum. Dua teknik ini akan merangsang serabut saraf dan mengirimkan sinyal ke otak dan juga sumsum tulang belakang.

3. Menggunakan Irisan Lemon
Mengatasi rasa pusing dan mual berikutnya bisa menggunakan irisan lemon. Cara ini bisa membantu menghilangkan mual terutama pada wanita hamil. Hal ini juga sudah dibuktikan di sebuah penelitian dimana hasilnya adalah mereka yang menghirup irisan lemon akan merasa lebih baik, mual menjadi lebih berkurang. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon yang ada di pasaran. Alternatif praktis ini sangat membantu dan dengan mudah menghilangkan pusing atau mual ketika anda sedang berada di perjalanan.

4. Aromaterapi dari Minyak Peppermint
Berikutnya, anda bisa menggunakan aromaterapi dari minyak peppermint untuk menghilangkan pusing dan mual. Pengaruh aroma peppermint ternyata bisa menurunkan tingkat mual secara signifikan dibanding mengonsumsi obat anti mual. Tentu hal ini lebih alami dan menghindarkan kita dari efek samping yang negatif. Meski sejauh ini memang belum ada penelitian yang memastikan bagaimana keefektifannya. Jadi, untuk anda yang ingin menghilangkan pusing atau mual dengan cara mudah bisa menggunakan aromaterapi dari minyak peppermint ini.

5. Supplemen Vitamin B6
Menghilangkan mual selanjutnya adalah mengonsumsi vitamin B6. Sebab, vitamin B6 ini ternyata diketahui memang dianjurkan untuk pengobatan alternatif bagi wanita hamil. Terutama mereka yang menghindari obat anti mual. Bahkan beberapa penelitian juga melaporkan bahwa suplemen vitamin B6 ini berhasil mengurangi mual selama kehamilan. Suplemen vitamin B6 aman untuk dikonsumsi selama kehamilan dan tidak ada efek samping.

Beberapa cara mengatasi pusing dan mual secara alami ini semoga membantu anda. Terutama ketika dalam perjalanan mudik jauh, persiapkan segala sesuatunya. Bawalah aromaterapi dan pastikan bahwa anda telah sarapan dari rumah jika perjalanan dilakukan sepanjang hari.

0 komentar:

Posting Komentar