Selasa, 21 Mei 2019

Tips Aman Dan Terpercaya Jual Beli Motor Bekas


Tips Aman Dan Terpercaya Jual Beli Motor Bekas

Transaksi jual beli motor merupakan suatu hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Hal ini karena tentunya dari pihak penjual maupun pembeli memiliki beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai alasan masing-masing dalam memerankan perannya. Sehingga tidak heran biasanya jual beli ini berujung dengan pertikaian dan menimbulkan permasalahan tertentu.
Untuk itu pastinya tidak mau kan jika Anda mengalami hal yang serupa ketika melakukan transaksi jual beli motor. Dalam hal ini ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar dalam proses jual beli tersebut bisa aman dan terpercaya yang nantinya tidak akan menyulitkan pribadi masing-masing.
Berikut beberapa hal yang menjadi perhatian pada saat jual beli diantaranya :

1.      Penjual
Waspadalah ketika akan membeli motor pada seseorang yang khususnya belum kita kenal. Bukannya berpikiran negatif melainkan adakalanya kita perlu selektif dan cerdas sebelum bertindak jauh. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan ada oknum-oknum yang memperjualbelikan motor dengan cara ilegal. Misalnya saja penjual yang menjual motornya padahal motor tersebut hasil pencurian misalnya.

Sehingga di sini agar kita tidak terbawa ke dalam permasalahan hukum ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu pihak penjual tersebut apakah benar motor tersebut memang legal. Karena bisa jadi jika kita membelinya maka di sini kita bisa tersangkut masalah hukum berupa penadahan yang tentunya secara hukum ada pidananya tersendiri.

2.      Kondisi motor
Penting untuk mengetahui keadaan motor yang akan dibeli karena jika sudah mengetahui kondisinya dengan detail maka bisa mengajukan penawaran harga yang sesuai dan juga kedepannya kita akan mengetahui bagaimana perawatan selanjutnya. Selain itu dengan mengetahui kondisi motor ini akan menjadi pertimbangan apakah akan membelinya atau tidak.

Maka dari itu penting juga untuk mencari referensi informasi sebanyak-banyaknya agar bisa membandingkan motor yang satu dengan yang lain.

3.      Kelengkapan surat motor
Motor yang dilengkapi dengan surat-suratnya yang lengkap meskipun dengan harga yang agak mahal sekalipun lebih baik daripada motor dengan harga murah namun tidak memiliki kelengkapan surat.

Hal ini tentunya adalah alasan keamanan karena akan meringankan juga ketika dalam hal kepemilikan kedepannya.

4.      Harga di pasaran
Meskipun motor dengan tipe yang sama, sudah barang tentu akan ada selisih harga meskipun beberapa ratus atau beberapa puluh rupiah. Untuk itu sebagai pembeli yang cerdas sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai harga dan bisa dijadikan perbandingan antara penjual yang satu dengan yang lain.

5.      Cobalah untuk melakukan test ride
Terkadang karena seseorang sudah membeli motor meskipun mengetahui kelengkapan motor dan kondisinya, perlu juga untuk mengetesnya karena hal ini akan berkaitan dengan kenyamanan ketika mengendarainya nanti. Selain itu juga perlu mengetahui secara langsung bagaimana kondisinya ketika digunakan untuk melewati medan-medan tertentu misalnya.

Untuk itu agar lebih mantap perlu memastikan kondisinya dengan mengetesnya secara langsung dan dari sini bisa memutuskan apa saja yang kurang cocok agar bisa menjadi pertimbangan untuk meneruskan membelinya atau tidak.

Karena dengan mengetahuinya sendiri bisa menilai. Hal ini juga kenyamanan orang perorang dalam mengendarai motor meskipun dengan motor yang sama tetap akan berbeda. Oleh demikian penting untuk setidaknya mencobanya dengan berputar ke kanan atau kekiri dan lainnya.

Beberapa hal tersebut adalah informasi terkait tips aman dan terpercaya ketika melakukan transaksi jualbeli motor sehingga harapannya transaksi dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala diantara masing-masing pihak setelah kedua pihak menyetujui persyaratan masing-masing yang mungkin dituangkan dalam sebuah perjanjian.

0 komentar:

Posting Komentar