Sabtu, 27 Juli 2019

Alasan Pentingnya Ganti Oli Motor yang Harus Kamu Tahu

Alasan Pentingnya Ganti Oli Motor yang Harus Kamu Tahu

Motor merupakan salah satu kendaraan yang kini banyak memenuhi jalan raya. Banyak yang menganggap bahwa motor merupakan alat transportasi yang sangat praktis digunakan. Selain praktis, motor juga memiliki harga yang murah sehingga siapa saja bisa memilikinya. Namun, perlu diingat bahwa setelah memiliki motor, Anda juga harus memerhatikan kondisi motor. Motor yang digunakan harus memiliki performa yang maksimal agar perjalanan lancar. Salah satu cara merawat performa motor adalah dengan ganti oli motor secara berkala.

Untuk Anda yang punya motor, tentu tahu bahwa perawatan motor bukan hanya dilakukan pada menjaga kebersihannya saja, tapi juga kondisi mesin yang harus diperiksa secara berkala. Motor memiliki banyak sekali komponen pada mesin yang fungsinya saling berkaitan satu sama lain sehingga harus selalu dipastikan sebelum dikendarai, terlebih jika melakukan perjalanan jauh. Pada mesin-mesin tersebut dibutuhkan oli yang bekerja untuk melumasi hingga mendinginkan mesin. Jika melihat fungsi oli tersebut, maka bisa dikatakan jika oli memiliki peranan yang sangat penting untuk motor. Oleh karena itu, Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk ganti oli motor agar motor tetap prima ketika digunakan. 

Menurut berbagai sumber yang beredar, beberapa merekomendasikan untuk melakukan ganti oli motor sesuai dengan jadwal pada buku panduan pemilik motor. Pada buku panduan, biasanya penggantian dilakukan setiap 4.000 km namun angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena kondisi lalu lintas yang berbeda-beda bisa memengaruhi kondisi motor. Jika Anda berada di kota dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi dan sering terhambat macet, kondisi macet tersebut bisa membuat mesin menjadi lebih bekerja keras sehingga lebih baik mengganti oli setiap 2.000 km. Penggantian yang lebih cepat tersebut akan bermanfaat untuk menjaga mesin agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

Mengganti oli bisa dilakukan menggunakan jasa bengkel atau diganti sendiri. Jika Anda merasa bisa menggantinya sendiri, Anda harus mengetahui beberapa hal agar penggantian oli  bisa lebih maksimal. Salah satunya adalah tidak menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan. Selain itu, Anda juga tidak boleh membuka baut pembuangan ketika mesin panas karena bisa berisiko merusak ulir baut dan jangan lupa mengganti ring oli setiap membuka baut pembuangan agar tidak terjadi kebocoran.

Tentu, Anda sudah mengetahui bahwa banyak sekali jenis oli motor yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, tak heran jika kadang Anda bingung memilih oli yang tepat untuk motor Anda. Namun, tidak perlu bingung, Anda bisa mengganti oli motor menggunakan oli motor dari Idemitsu yang memiliki banyak sekali varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan motor Anda. So, tunggu apalagi, segera ganti oli dan rasakan performa motor yang lebih tangguh.

0 komentar:

Posting Komentar