Kamis, 26 September 2019

Sudah Tahu Berbagai Produk Asuransi Berbasis Syariah ? Yuk, Cek Disini!


Sudah Tahu Berbagai Produk Asuransi Berbasis Syariah ? Yuk, Cek Disini!

Banyaknya produk asuransi syariah yang ditawarkan menghadirkan beragam keuntungan. Tidak hanya sebagai perlindungan awal untuk resiko tidak terduga, asuransi syariah menjadikan pesertanya bisa saling membantu dan menolong sesama. Asuransi syariah tidak hanya untuk menghadapi risiko yang bisa terjadi di kemudian hari, namun juga bisa sebagai bentuk investasi di masa mendatang. Berikut produk asuransi syariah yang harus Anda tahu.

1. Asuransi Individu

Asuransi Individu atau tafakul individu merupakan perlindungan dan perencanaan yang dirancang untuk peserta asuransi itu sendiri. Hanya berlaku bagi peserta dan tidak bisa digunakan untuk keluarga. Produk asuransi syariah ini terdiri dari berbagai jenis yakni tafakul dana investasi, tafakul dana haji, tafakul dana siswa, hingga tafakul dana jabatan. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki keutamaan yang berbeda-beda.

Takaful dana, bentuk investasinya memberi jaminan untuk hari tua dan menjadi jaminan dana bagi ahli waris jika peserta yang bersangkutan meninggal dunia. Sementara, jika menginginkan perlindungan dana untuk haji bisa mengunakan takaful dana haji. Untuk asuransi yang bisa menjamin dana pendidikan mengunakan takaful dana siswa. Dan tafakul dana jabatan digunakan sebagai jaminan dana bagi ahli waris sesuai dengan jabatan yang diduduki.     

2. Asuransi Kelompok

Asuransi kelompok ini memiliki cakupan lebih besar karena bisa digunakan untuk pribadi maupun kelompok. Asuransi ini nantinya akan memberikan perlindungan serta membuat perencanaan bagi kelompok, sangat cocok bagi sebuah perusahaan untuk menjamin para karyawannya. Produk asuransi syariah secara kelompok juga memiliki jenis yang beragam.

Jenis produk tersebut mulai dari tafakul al-khairat dan tabungan haji, tafakul kecelakaan siswa, tafakul wisata dan perjalanan, tafakul kecelakaan grup, hingga tafakul pembiayaan. Semua jenis tafakul tersebut akan memberikan perlindungan dalam bentuk kelompok sesuai dengan jenis yang dipilih.

3. Asuransi Umum

Produk asuransi berbasis syariah ini nantinya akan memberi perlindungan yang bersifat umum. Asuransi bisa berupa tafakul kebakaran, tafakul kendaraan bermotor, takaful rekayasa, takaful pengangkutan, hingga takaful rangka kapal. Semua asuransi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta.

Bersifat umum karena sebagian besar dari produknya memberi perlindungan untuk kejadian tidak terduga seperti tafakul kebakaran, misalnya, asuransi ini akan menanggung semua kerusakan yang disebabkan oleh api. Sementara tafakul rekayasa bergerak pada perlindungan terhadap kerugian yang terjadi saat membangun rumah atau bangunan lainnya. Tafakul rangka kapal nantinya sebagai proteksi pada resiko kerusakan mesin kapal yang disebabkan musibah.

Fungsi utama dari asuransi adalah memberi perlindungan dari kejadian-kejadian yang tidak terduga. Dibandingkan asuransi lainnya, asuransi syariah memberikan banyak keuntungan juga membantu Anda meraih keberkahan. Apalagi, didukung dengan produk asuransi syariah yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan asuransi berbasis syariah yang terpercaya Allianz Syariah adalah jawabannya.




0 komentar:

Posting Komentar