Rabu, 15 Januari 2020

Tidak Punya Lahan Untuk Tanaman? Berikut 3 Jenis Tanaman Gantung Yang Tepat Anda Pilih


Tidak Punya Lahan Untuk Tanaman? Berikut 3 Jenis Tanaman Gantung Yang Tepat Anda Pilih

Anda tidak mempunyai lahan namun memiliki keinginan agar rumah tampil hijau segar dengan beragam tanaman? Tanaman gantung menjadi salah satu solusi tepat. Tidak perlu memakan tempat, tanaman jenis ini siap menjadi tanaman penghias rumah Anda.

Namun, masih banyak anggapan bahwa menanam tanaman jenis ini sangat mudah mati dan layu. Selain itu, posisinya yang harus diletakkan di atas membuatnya sering terkena sinar matahari. Tidak semua tanaman hias gantung cepat mati ketika menghadapi cuaca panas. Tentunya, sifat dan karakteristik tanaman satu dengan yang lain memiliki perbedaan.

Apakah Anda tertarik untuk membuat rumah memiliki nuansa hijau dan sejuk? Berikut terdapat jenis-jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih.

1.     Tanaman Gantung Asal Jepang, Japanese Wisteria

Tanaman cantik ini biasa ditemui di China, Korea dan Jepang. Namun, semakin banyak orang yang menyukainya, tanaman ini semakin berkembang dan di tanam di berbagai tempat, salah satunya Indonesia.

Mungkin Anda pernah menjumpai tanaman ini dalam film Avatar. Tanaman ini memang benar ada dan memiliki usia yang sangat panjang. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 20-30 meter dan usia 100-150 tahun. Cukup fantastis bukan?

Meski memiliki tampilan yang menawan, namun Anda perlu hati-hati. Pasalnya, bunga wisteria justru memiliki kandungan racun yang dapat mengancam kesehatan Anda. Jika bunga wisteria tertelan dengan sengaja maupun tidak, efek yang ditimbulkan meliputi mual dan muntah, perut terasa sakit diikuti diare.

2.     Tanaman Portulaca

Tanaman hias gantung yang sangat mudah perawatannya ini bisa menjadi alternatif jitu untuk membuat suasana rumah menjadi tampak berwarna dan asri. Pada umumnya, tanaman ini biasa disebut sebagai krokot.

Tumbuhan ini sangat tepat untuk Anda yang kurang telaten dalam menyiram tanaman. Selain, tahan panas juga memiliki kebutuhan pencahayaan yang sangat cukup. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila tanaman ini layu ketika di tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari.

Meskipun tidak perlu disiram terlalu sering, namun tetap saja Anda harus merawat tanaman ini dengan baik agar tetap menghasilkan bunga-bunga yang indah. Caranya yaitu dengan melakukan pemangkasan agar dapat merangsang pertumbuhan bunga baru, serta melakukan penanaman ulang setidaknya 2 bulan sekali.

3.     Zygocactus

Selain Portulaca, tanaman hias gantung lainnya yaitu, Zygocactus. Tanaman ini memiliki tingkat ketahanan terhadap cuaca panas tinggi. Bunga tanaman ini muncul dengan menjuntai ke bawah. Sehingga, sangat tepat apabila di tanam ke dalam pot yang digantungkan. Biasanya, tanaman ini ditemukan pada dahan maupun celah batuan di lereng gunung.

Untuk menjadikan zygocactus sebagai tanaman hias di rumah, Anda perlu memperhatikan karakter tanaman ini. Pada siang hari, zygocactus sangat menyukai panas. Namun sebaliknya, pada malam hari zygocactus lebih menyukai suasana gelap. Maka sebaiknya, jauhkan zygocactus dari cahaya lampu saat malam hari.
Kondisi ini akan berpengaruh pada bunga yang dihasilkan. Saat zygocactus terpapar cahaya lampu pada malam hari, atau tidak terkena panas saat siang hari, maka biasanya tidak akan menghasilkan bunga. Sayangnya beberapa orang belum mengetahui tentang trik ini.

Nah, itulah beberapa tanaman gantung yang siap Anda pilih untuk dijadikan sebagai penghias sekaligus penyejuk rumah Anda. Tentunya, tergantung kesukaan Anda untuk memilih salah satu diantaranya. Tanaman di atas sangat cocok dan tahan panas untuk Anda yang tinggal di tempat yang tidak memiliki lahan namun ingin memiliki tanaman di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar