Jumat, 14 Februari 2020

Sudah Tahu Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing? Yuk Simak Disini


Sudah Tahu Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing? Yuk Simak Disini

Teknik print kain yang paling umum digunakan selain sablon adalah digital printing dan offset printing. Masih banyak yang bingung tentang mana yang lebih bagus. Perbedaan sebenarnya terletak pada cara mencetaknya. Atau jika kamu masih bingung dengan perbedaan keduanya, yuk langsung saja simak rangkuman berikut ini.

Offset Printing
Teknik ini adalah teknik yang paling sering digunakan jika dibandingkan dengan teknik lainnya. Teknik ini dilakukan dengan memindahkan materi yang ingin dicetak dari sebuah plat ke lapisan karet lalu ke atas permukaan bahan. Prosesoffset printing menggunakan tinta basah yang memerlukan prose pengeringan setelah pencetakan.

Teknik satu ini lebih sering dan cocok digunakan untuk print kain dalam kuantitas yang besar. Teknik offset juga merupakan teknik yang paling ekonomis dan berkualitas tinggi daripada teknik lainnya. Konsistensi pencetakannya juga tidak perlu diragukan lagi dalam hal mencetak dengan kuantitas yang banyak.

Digital Printing
Digital printing adalah sebuah metode atau teknik pencetakan yang menggunakan basis teknologi atau digital. Aplikasi dari digital printing ini sangat mudah, hanya perlu menyambungkan komputer dengan mesin dan desain berupa file hanya tinggal dicetak menggunakan berbagai media. Tetapi media yang digunakan untuk print kain haruslah tepat agar kualitas yang dihasilkan juga baik. Tinta yang digunakan adalah tinta pasta atau toner yang dikeringkan.

Digital printing merupakan hasil inovasi dari offset printing yang menggunakan metode konvensional menjadi metode yang lebih canggih dan lebih cepat. Tetapi metode ini memiliki biaya produksi yang lebih tinggi unutuk satuan produknya jika dibandingkan dengan offset printing biasa. Tetapi diimbangi dengan proses yang lebih ringkas dan juga cocok digunakan untuk skala kecil maupun skala besar.  Karena digital printing ini juga bisa mencetak satuan.

Kelebihan dan Kelemahan Teknik OffsetPrinting
Kelebihan yang dimiliki oleh teknik offset sendiri adalah bisa mencetak dalam jumlah banyak bahkan ribuan sehingga semakin banyak akan semakin murah. Teknik offset ini juga dapat melakukan print kain atau kertas berterkstur kasar dan tebal. Kamu juga bisa mencetak warna khusus seperti warna stabilo, emas dan perak jika mengggunakan teknik offset.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh teknik offset adalah proses yang lebih lama karena harus melalui proses pembuatan film, pembuatan plat cetak, dan penyetelan tinta,dan harus melewati prose pengeringan terlebih dahulu. Limbah yang dihasilkan juga lebih banyak saat proses penyetelan warna.

Kelebihan dan Kelemahan Teknik Digital Printing
Teknik digital printing dapat mencetak dengan jumlah yang sedikit bahkan satuan.  Selain itu proses pembuatannya yang ringkas pun tidak perlu membuatmu menunggu lama dan tidak kerepotan. Harganye lebih murah dan efisien jika untuk print kain skala kecil.

Teknik digital printing juga memiliki beberapa kelemahan yaitu warnanya yang kurang konsisten jika digunakan untuk mencetak dalam skala besar dan hanya bisa mencetak maksimal kertas ukuran A3 plus. Sedangkan untuk offset printing bisa mencetak mulai dari A1 sampai A10.

Itu adalah beberapa perbedaan dan wawasan seputaroffset printing dan juga digital printing yang bisa bermanfaat buat kamu entah itu dalam hal membeli atau ingin membuka usaha di industri tekstil. Kualitas offset dan digital pun hampir samadan hal penting yang harus kamu pertimbangkan adalah efisiensi harga. Bila dalam jumlah sedikit digital printing lebih efisien dan jika mencetak dalam jumlah banyak, offset printingbisa menjadi pilihan kamu.




0 komentar:

Posting Komentar