Sabtu, 09 Januari 2021

Interior Mobil Ini Wajib Dirawat Agar Terjaga Kebersihannya!

Jok Mobil

Merawat mobil tidak hanya semata-mata melakukan penggantian oli dengan oli mobil terbaik di Indonesia saja melainkan juga merawat bagian interiornya. Hal ini karena bagian interior mobil tersebut sangat rentan menjadi sarang kuman, virus, maupun bakteri. Terlebih, jika ada sisa-sisa makanan yang masih tersisa di dalam kabin mobil ataupun kotoran yang terbawa dan menempel di sepatu maupun sandal.

Tentu saja, jika hal tersebut dibiarkan, maka bisa membahayakan kesehatan, tak hanya bagi pengemudinya namun juga penumpangnya. Untuk itu, sebagai langkah pencegahan, rutinlah selalu merawat dan membersihkan interior mobil berikut.

1.       Jok mobil

Sebelum mengendarai mobil, bersihkan terlebih dahulu jok mobil Anda. Selain membuatnya terlihat lebih kinclong, membersihkan jok mobil dapat menghindari supaya tidak ada kuman, virus, maupun debu yang menempel. Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

Tinggal ambil kemoceng ataupun lap basah kemudian langsung bersihkan jok tersebut. Setelah itu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela jok tempat duduk maupun jok sandaran yang kerap menjadi sarang debu. Lakukan cara ini berulang kali sampai jok mobil bersih.

2.       Pijakan kaki

Banyaknya kerikil maupun tanah yang terbawa oleh sandal maupun sepatu membuat pijakan kaki pada mobil menjadi tidak nyaman saat diinjak. Bahkan, jika kerikil dan tanah tersebut mengeras maka bisa mengganggu ketika berkendara. Untuk itu, jangan sampai lupa membersihkan pijakan kaki tersebut.

Cara membersihkannya adalah menggunakan sapu khusus atau untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan vacuum cleaner. Menggunakan alat satu ini maka dapat membantu mengangkat sisa-sisa debu dengan sangat baik.

3.       Setir

Setir merupakan bagian interior pada mobil yang sangat penting untuk dirawat dan dijaga kebersihannya karena bagian ini kerap bersentuhan dengan tangan. Jika tangan Anda tidak bersih ketika menyentuhnya, tentu akan sangat banyak sekali kuman maupun kotoran yang menempel di setir tersebut.

Oleh sebab itu, rutinlah membersihkannya menggunakan kanebo lembab atau bila perlu beri sedikit sabun. Tujuannya, supaya debu maupun kuman yang menempel di permukaan setir bisa terangkat.

4.       Lubang ventilasi AC

Yang tidak kalah penting untuk dibersihkan adalah lubang ventilasi AC. Seperti diketahui, AC merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil yang berguna untuk mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Jika bagian ini kotor maupun berdebu, tentu bisa mengganggu kinerja sirkulasi udarah. Bahkan, kotoran yang menempel tersebut juga bisa membahayakan kesehatan.

Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan lubang ventilasi AC mobil dengan kanebo lembap agar tidak ada debu yang menempel. Jika AC bersih, maka sirkulasi udara di dalam mobil pun tentu tidak akan terganggu dan udaranya menjadi lebih sehat.

Selain keempat bagian di atas, penting pula untuk merawat dan membersihkan bagian dashboard mobil karena bagian ini juga rentan dihinggapi kuman maupun bakteri.

 

0 komentar:

Posting Komentar