Jumat, 19 Februari 2021

Daftar Superfood yang Sangat Baik untuk Tubuh

Sayuran Hijau

Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa mendukung kesehatan tubuh. Istilah ini digunakan untuk makanan sehat yang unggul dalam salah satu atau beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tak ayal, beberapa jenis superfood bahkan sudah terbukti dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kronis. Maka dari itu, mengonsumsi superfood setiap harinya sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan dan menambah proteksi dari Investment and life insurance yang sudah Anda miliki.

Jadi, makanan apa saja yang termasuk ke dalam superfood? Yuk simak lebih lanjut ulasannya dalam artikel ini.

 

1.       Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap seperti kale, sawi, pakcoy, dan bayam termasuk dalam makanan padat nutrisi atau superfood yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran-sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalsium, zinc, zat besi, folat, vitamin C, serat, dan berbagai senyawa antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari macam-macam penyakit kronis.

 

2.       Telur

Telur merupakan sumber protein yang tinggi dan juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin A dan B, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor. Telur juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata.

 

3.       Ikan

Makanan lain yang termasuk ke dalam superfood adalah ikan. Ikan memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak.

 

4.       Alpukat

Alpukat merupakan superfood yang mengandung banyak serat vitamin, mineral, dan lemak sehat yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain karena kandungannya, alpukat juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolisme dan jenis kanker tertentu.

 

5.       Kacang dan biji-bijian

Kacang almond, pecan, pistachio, kenari, mete, biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia adalah jenis-jenis kacang yang kaya akan serat, protein, lemak sehat, dan antioksidan. Semua nutrisi ini diketahui mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes.

 

6.       Legum

Legum atau kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang polong, atau kacang tanah juga kaya akan protein, mineral, vitamin B, dan serat yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya ialah menurunkan tekanan darah juga kadar kolesterol dan menjaga tingkat berat badan yang sehat.

 

7.       Ubi

Makanan yang satu ini mengandung kalium, serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker dan sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

 

8.       Yoghurt

Yoghurt ini merupakan sumber kalsium, protein, dan probiotik yang baik. Pilihlah yogurt yang tanpa rasa untuk menghindari asupan gula berlebih.

 

9.       Minyak zaitun

Minyak zaitun juga termasuk ke dalam superfood karena ideal untuk menggantikan mentega atau margarin. Minyak ini adalah minyak alami dengan kandungan asam lemak tak jenuh, senyawa polifenol, dan vitamin E yang tinggi.

 

10.   Jahe

Jahe juga merupakan salah satu superfood karena terdapat antioksidan unik di dalamnya yang bernama gingerol. Jahe dapat mengatasi mual, mengurangi peradangan, serta melindungi tubuh dari risiko terjadinya demensia, penyakit jantung, dan kanker.

 

Nah, itulah dia beberapa contoh superfood yang wajib Anda ketahui. Silakan mulai dikonsumsi secara rutin dan semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

0 komentar:

Posting Komentar