Rabu, 12 Mei 2021

Apa Saja Bekal Persiapan Melahirkan Bagi Calon Ibu? Yuk, Simak Di sini!

Asuransi Melahirkan


Mengandung dan melahirkan merupakan momen yang sangat spesial bagi calon ibu. Sebab pada saat itu, akhirnya ibu bisa melihat secara langsung buah hati yang sudah dikandungnya selama 9 bulan. Apalagi jika Anda sudah memiliki perlindungan asuransi dengan klaim asuransi melahirkan, Anda jadi bisa fokus untuk mempersiapkan momen bahagia ini tanpa khawatir masalah biayanya. Lalu, apa saja sih yang perlu dipersiapkan menjelang hari persalinan? Berikut ini di antaranya:


·         Tempat bersalin

Semenjak Anda mengetahui kehamilan yaitu masuk trimester pertama, Anda sudah bisa mencari bidan atau dokter kandungan dan rumah sakit untuk Anda melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan dan melahirkan. Carilah rekomendasi mengenai dokter yang kira-kira sesuai dengan Anda, baik dari segi kualitas, jadwal, dan biaya. Sebaiknya, periksakan kehamilan sejak awal hingga proses persalinan di satu tempat agar riwayat kehamilan Anda tercatat secara lengkap.


Untuk memastikan kemudahan dan keamanan proses persalinan, sebaiknya pilih tempat pemeriksaan persalinan yang mudah dijangkau dari domisili Anda. Serta memiliki fasilitas lengkap agar bisa menangani seandainya terdapat masalah selama proses persalinan.


·         Perlengkapan persalinan yang harus dibawa

Tidak hanya persiapan sang bayi, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan Anda. Anda bisa mulai mempersiapkan ketika mulai memasuki trimester ketiga di bulan ke-8 kehamilan.

Perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan :


1.       Baju bayi baru lahir, sediakan minimal untuk 3 hari.

2.       Popok bayi, sediakan sebanyak mungkin.

3.       Topi bayi untuk menghangatkan kepala

4.       Kaus kaki bayi untuk menjaga kaki bayi tetap hangat

5.       Selimut untuk membungkus bayi

6.       Tisu basah untuk menyeka ketika mengganti popok

7.       Sarung tangan bayi untuk menutup jemari bayi


Perlengkapan Ibu yang harus dipersiapkan :

1.       Baju atau daster nyaman dengan kancing depan untuk memudahkan akses menyusui bayi

2.       Bra menyusui, minimal untuk 3 hari

3.       Breastpad, untuk menghalau air susu yang berlebihan agar tidak merembes ke baju

4.       Pembalut khusus nifas, persiapkan dengan kebutuhan selama melahirkan.

5.       Celana dalam yang nyaman selama masa nifas berlangsung

6.       Peralatan mandi yang ukuran travel size dan tidak memakan tempat

7.       Kartu identitas yang dibutuhkan dan buku kontrol selama kehamilan.

Persiapkan semuanya di dalam sebuah tas dan letakkan di area yang mudah terjangkau. Jadi ketika tiba-tiba tanda untuk melahirkan mulai terasa, Anda atau pasangan dapat mudaah langsung membawa satu set perlengkapan tersebut.


·         Suami Siap Siaga

Selain persiapan di atas, Anda juga harus berkoordinasi dengan suami. Suami harus selalu diberikan informasi mengenai perkembangan selama kehamilan dan waktu perkiraan kelahiran. Anda juga harus menginformasikan mengenai tanda-tanda melahirkan seperti kontraksi yang tidak kunjung berhenti selama 5 menit. Anda juga harus memberikan informasi mengenai hal apa saja yang harus suami lakukan sebelum dan sesudah melahirkan. Apalagi ketika Anda baru seminggu melahirkan, Anda pasti sangat membutuhkan bantuan dan kerjasama dari pasangan dalam mengasuh sang buah hati.


Nah, semoga artikel ini membantu Anda agar tidak perlu bingung lagi persiapan untuk melahirkan ya!

 

0 komentar:

Posting Komentar