Sabtu, 07 Agustus 2021

5 Kesalahan Memakai Pelembab yang Bisa Bikin Kulit Wajah Rusak

 

Pelembab Joylab

Pelembab jadi salah satu produk skincare yang wajib dimiliki oleh wanita agar kulit terhidrasi dan tetap sehat. Memilih pelembab harus disesuaikan dengan jenis kulit dan usia pemakainya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi remaja, pelembab dengan formula yang ringan merupakan pilihan bijak. Selain mempertimbangkan membeli pelembab mengencangkan kulit atau pelembab untuk mencerahkan wajah bagi remaja, kamu sebagai remaja perlu memperhatikan cara mengaplikasikannya agar tidak merusak kulit dan khasiat pelembab yang kamu pilih bisa maksimal.


Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memakai Pelembab

Selama diaplikasikan dengan benar, pelembab dapat memberikan segudang manfaat untuk wajah. Berikut ini 5 kesalahan yang perlu dihindari oleh pemula yang baru pertama kali menggunakan skincare.


  1. Tidak menyesuaikan pelembab dengan jenis kulit

Dilansir dari Liputan6, kesalahan pertama yang harus dihindari saat mencari produk pelembab wajah adalah tidak menyesuaikannya dengan jenis kulit. Karakteristik kulit yang berbeda-beda membutuhkan formula khusus untuk perawatannya. Misalnya untuk kulit berminyak yang lebih cocok dengan pelembab oil free.

Selain itu, sesuaikan pelembab dengan usia kamu. Jangan sampai kamu yang masih remaja menggunakan pelembab untuk usia dewasa. Biasanya pelembab untuk kulit remaja lebih ringan formulanya karena masalah kulit yang dihadapi tidak sekompleks pada orang dewasa.


  1. Menggunakan minyak untuk melembabkan wajah

Sebagian orang menggunakan minyak zaitun atau minyak alami lainnya untuk melembabkan wajah. Padahal, penggunaan minyak zaitun lebih cocok untuk menenangkan kulit kering dan teriritasi. Artinya, minyak tidak direkomendasikan untuk dijadikan pengganti pelembab wajah yang bagus untuk remaja.

Jika tetap ingin menggunakannya, minyak zaitun atau minyak alami lainnya dapat diaplikasikan di atas pelembab, baik siang atau malam. Dengan mengombinasikan keduanya, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat dari pelembab reguler yang dipakai sekaligus manfaat dari minyak zaitun.


  1. Terlalu keras mengusapkan pelembab ke wajah

Mengaplikasikan pelembab ke kulit wajah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena bisa merusak tekstur dari kulit itu sendiri. Cara paling tepat untuk mengaplikasikan pelembab wajah adalah dengan dipijat secara lembut ke kulit.

Mengusapkan pelembab secara keras ke area wajah justru bisa menyebabkan pengikisan berlebih dan dapat melemahkan fungsi penghalang kulit, sehingga terjadi peradangan pada bagian wajah. Kulit yang mengalami peradangan cenderung rentan terinfeksi bakteri dan jamur yang membuatnya iritasi.


  1. Tidak menggunakan pelembab yang mengandung SPF di pagi hari

Melansir dari laman Elshinta, pelembab diperlukan untuk mempertahankan fungsi dan struktur kulit dari sinar matahari, debu, hingga udara kering. Jika dilakukan secara rutin, pelembab wajah akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit dan dapat mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, diperlukan pelembab untuk mencerahkan wajah bagi remaja yang memiliki kandungan SPF. Selain itu, penggunaan night cream yang aman bagi remaja juga dibutuhkan untuk membantu memperbaiki kulit dan meregenerasi sel-sel kulit di malam hari.


  1. Mengoleskan pelembab ketika kulit sudah kering

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan saat memakai pelembab adalah mengoleskannya ke kulit yang sudah kering. Padahal, pelembab dapat bekerja secara efektif ketika kulit masih lembab. Meskipun kebiasaan mengoleskan pelembab ketika kulit sudah kering bukanlah hal buruk, tapi manfaat yang didapatkan tidak akan maksimal. Oleh karena itu, segera gunakan pelembab setelah membersihkan wajah dan sebelum kulit benar-benar kering.


Itu tadi lima kesalahan yang harus dihindari saat memakai pelembab pada wajah. Jadi jangan hanya pusing memikirkan jenis pelembab untuk mencerahkan wajah bagi remaja tapi juga cara pemakaian pelembab yang benar. Jangan sampai kulit wajah menjadi rusak karena kesalahan sepele dalam memakai pelembab.

 

0 komentar:

Posting Komentar